Selasa, 20 Februari 2018

Bahaya Narkoba Merusak Masa Depan Bangsa

Bahaya NarkobaNarkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya. Seperti dalam ungkapan “Api kecil ialah kawan dan jika membesar akan menjadi lawan”. Inilah suatu ungkapan yang sangat pas untuk dapat menggambarkan tentang narkoba. Di dalam dunia media, bahwa narkoba dapat menjadi obat-obatan yang memiliki khasiat untuk memberikan kesembuhan. Bagi pengguna narkoba dalam dunia medis ialah legal. Nah, yang pada akhirnya menjadi penyalahgunaan adalah pada saat seseorang yang mengkonsumsi narkoba tanpa adanya pengawasan dari seorang ahli kesehatan atau dokter. Apabila seseorang yang berani menggunaka narkoba tanpa adanya pengaasan dari dokter justru akan sangat membahayakan si pengguna narkoba tersebut, sebab pada umumnya narkoba itu mengandung bebragai zat yang beracun yang dapat menyebabkan pengguna narkoba akan selalu merasa ketergantungan atau menjadi kecanduan terhadap obat-obatan itu.

Bahaya Narkoba Merusak Masa Depan Bangsa

Bahaya narkoba dapat merusak organ-organ tubuh, mempengaruhi berkurangnya daya pikir seseorang atau membuat pikiran seseorang tidak rasional dan kerusakan otak secara permanen. Adapun akibat yang lebih mengerikan lagi yakni berujung kematian. Jika dilihat dari segi penggunaannya, narkoba dapat dibedakan menjadi dua golongan. Golongan pertama, pengguna narkoba jalanan (ilegal). Sedangkan, golongan kedua, pengguna narkoba legal dalam dunia media yang disalah gunakan. 

Narkoba dari penggolongan jenisnya dibedakan menjadi 3 golongan besar yakni narkotika, psikotropika dan zat aditif lainnya. Di mana ketiga jenis narkoba tersebut juga seringkali disebut dengan napza. Bahaya narkoba hanya dapat merusak segalanya.

Menurut data dan fakta yang ada menunjukkan presentase tertinggi dalam penggunaan narkoba adalah pada anak-anak sekolah dan para remaja. Sedangkan, mengenai lokasi tempat mereka yang menikmati barang haram itu pada umumnya di kos-kosan, diskotik, klub malam, bar, dan lain sebagainya. Merekalah yang menjadi sasaran empuk oleh para pengedar untuk dapat mengeruk keuntungan dari hasil penjualan barang haram tersebut. 

Tidak hanya mereka saja penggunanya, kalau kita lihat berita di berbagai media banyak kasus para artis yang ikut terlibat dalam penggunaan narkoba. Dan bahkan, ada juga yang tertangkap sampai berkali-kali dalam kasus yang sama. Itu artinya cengkraman narkoba yang sangat hebat pada seseorang sehingga sulit sekali untuk melepaskannya.

Mengingat maraknya peredaran narkoba yang ada di Indonesia ini sepertinya hukum di Indonesia tidak dapat membuat mereka para pengedar atau Bandar jera, selalu saja ada penyeludupan narkoba di berbagai wilayah di Indonesia. Hal inilah yang menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai orang tua untuk ikut mengawasi dan lebih mewaspadai anak-anak kita di dalam pergaulan. Lakukan pengawasan tigkah laku dan pola hidup anak-anak. Sebagai orang tua juga harus peka terhadap perubahan yang terjadi pada sikap anak-anak yang memang kalau mereka terlibat dalam penggunaan narkoba akan terlihat dengan sangat jelas. Kita pun patut dan wajib menjaga dan melindungi mereka dari serangan yang semacam itu. begitu mereka telah terjerumus merupakan suatu masalah besar di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar