Kamis, 22 Februari 2018

Pendidikan Islam Penting Ditanamkan Sejak Usia Dini

Pendidikan IslamPendidikan Islami memang sudah seharusnya ditanamkan sejak usia dini, bagi mereka yang terlahir dari keluarga Islami. Mengapa harus ditanamkan sejak dini? Sebab apabila dari usia dini seorang anak sudah mengenal agamanya dan sudah mulai melaksanakan ibadah kepada Allah SWT maka dengan begitu Insya Allah saat dewasa nanti ia akan terbiasa dalam melakukan segala ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Ibadah dalam kehidupan sehari-hari itu wajib. Sebaiknya sebelum belajar mengenai pelajaran umum alangkah baiknya terlebih dahulu belajar pelajaran agama, ada sebuah cerita bahwa ada anak yang dididik agama sejak usia 2 tahun dengan mengajarkan mengaji dan shalat oleh kedua orang tuanya dan hingga kini telah terbiasa melaksanakan ibadah tersebut, sebab ia terbiasa sejak usia dini.

Pendidikan Islam Penting Ditanamkan Sejak Usia Dini

Sebagaimana dalam firman Allah memerintahkan kepada orang tua agar mendidik anak-anaknya sejak dini dengan pendidikan Islam yang didasari oleh keimanan dan menanamkan nilai takwa di dalam diri anak-anaknya. Anak yang lahir ke alam dunia merupakan generasi penerus. Di mana mereka adalah tunas-tunas baru yang akan tumbuh dan terus berkembang. Sebaimana yang telah dijelaskan dalam Al-qur’an “Tidak ada pendidikan yang akan membuahkan hasil yang baik kecuali pendidikan Islam yang di dasari oleh keimanan.”

Anak adalah amanah dari Allah SWT kepada setiap orang tua yang harus dijaga dan diperlihara serta dirawat dengan sebaik-baiknya, tidak boleh disia-siakan begitu saja, anak juga sejak usia dini sudah dididik dengan pondasi iman yang kuat dan benar agar mereka tumbuh menjadi manusia yang mampu membangun bukan merusak menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Dengan memberikan pendidikan Islam sejak usia dini secara tepat maka akan melahirkan generasi yang tidak saja pandai terhadap ilmu pengetahuan akan tetapi juga pandai dalam bersyukur kepada Allah SWT, dalam situasi dan kondisi apapun.

Pendidikan Islam itu sangat penting sekali bagi kehidupan sehari-hari dan bekal di akhirat kelak. Manusia memiliki kewajiban agar terus berusaha dalam mencari ilmu sepanjang kehidupannya selama di dunia. seperti yang telah kita ketahui bahwa pada zaman sekarang ini sudah banyak sekali pengaruh negatif yang mempu menjauhkan kita dari Islam dan sang pencipta alam semesta, Allah SWT. Oleh sebab itu, untuk dapat membentuk anak-anak kita menjadi generasi yang sholeh dan sholehah, berbakti kepada orang tua dan mampu mengemablikan kejayaan islam, maka kita sebagai orang tua atau pendidik sudah seharusnya memberikan bimbingan serta arahan untuk mereka ke jalan yang benar dan diridhoi Allah SWT.

Maka dari itu, didik dan bimbing anak-anak kita dengan melalui agama sejak usia dini atau bahkan sejak dalam kandungan sudah kita biasakan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-qur’an agar sudah mengenal Allah SWT, sebab akhlak mulai itu terbentuk dari pengajaran dan perilaku orang dewasa itu sendiri. Sebab, pada dasarnya anak adalah peniru setia. Apa yang terjadi pada perilaku anak merupakan hasil dari tiruan anak dari orang-orang terdekatnya seperti orang tua dan guru di sekolah. Maka didiklah anak-anak kita dengan pendidikan Islamiyah sebab hal ini sangat dianjurkan sekali agar dapat membentuk karakter dan akhlakul karimah pada anak berdasarkan dengan apa yang telah dicantumkan di dalam Al-qur’an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar