Selasa, 30 Januari 2018

Kids Zaman Now Diarahkan Bukan Dibiarkan

Kids Zaman NowUsia anak-anak merupakan masanya bermain. Orang tua pun tidak dapat memaksa mereka untuk mengikuti kehendak orang tua sebab masa mereka itu tidak lepas dari bermain. Pada usianya yang masih anak-anak rasa ingin tahunya amat besar jadi sebagai orang tua harus pandai-pandai untuk selalu menjaga dan mengawasi buah hatinya agar jangan sampai terlena, sebab jika itu sampai terjadi maka akan dapat berakibat fatal. Jika kita mengingat kembali permainan anak-anak zaman dahulu seperti petak umpet dan mobil-mobilan tapi kids zaman now sekarang itu mainnya handphone dan sudah memiliki akun facebook, instagram, whatsapp dan lain sebagainya. Hal yang seperti itu bukanlah salah anak akan tetapi perkembangan zaman, tergantung pada orang tuanya yang mendidik anaknya seperti apa.

Kids Zaman Now Diarahkan Bukan Dibiarkan

Banyak para orang tua yang selalu memanjakan anak-anaknya dengan menuruti dan mengabulkan segala keinginan anak. Sebenarnya tidak masalah jika orang tua menuruti keinginan anak akan tetapi lihat dahulu nilai kegunaan dan kemanfaatan yang diinginkannya itu, baik atau tidak untuknya. Kids zaman now sudah sangat mahir sekali dalam mengoperasikan handphone sedangkan orang tuanya itu sendiri belum mahir, sehingga hal-hal yang seperti itu anak dapat membohongi orang tuanya dan anak pun dapat terjerumus dalam hal yang negatif. Namun sebaiknya, jika orang tua sudah mahir, orang tua pun dapat mengawasi dan mengetahui apa yang anaknya buka di dalam handphone tersebut.

Tidak hanya dalam hal teknologi saja akan tetapi dalam hal pergaulan pun tetap harus selalu diawasi dan diarahkan dengan baik. Kids zaman now masih sekolah Dasar (SD) saja sudah mengenal dengan yang namanya pacaran, dan bahkan ada juga yang sudah berani lebih dari itu contohnya bergandengan tangan dan memeluk lawan jenisnya. Sungguh miris sekali jika melihat anak-anak umur segitu sudah berani berbuat seperti itu, ya tidak semuanya anak SD melakukan hal yang tidak pantas tersebut.

Kalau sudah seperti itu, semua salah siapa? Apakah kesalahan dari orang tua yang salah dalam mendidik, terlalu memanjakan ataukah sekarang ini sudah krisis moral samapai-sampai anak usia SD saja sudah berani berbuat hal yang seperti itu. Tidak ada yang tahu ini salah siapa, yang terpenting adalah peran orang tua sangat berpengaruh sekali atas perkembangan anak dalam mendidik anaknya yang benar dan mengawasi buah hatinya. Tidak hanya mendidik dan mengawasi di lingkungan keluarga saja akan tetapi  lingkungan sekolah pun ikut berperan. Sebab tidak menutup kemungkinan dirumah periku anak sangat baik tapi disekolahan justru sebaliknya. Dalam hal ini pun orang tua sebagai tonggak utama yang selalu ikut berperan dalam membentuk perilaku anaknya. Keluarga sampai kapan pun adalah pendidikan pertama pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar